Senin, 28 Desember 2009

Perjalanan tengah malam









Kejadiannya hampir setahun yang lalu dari gw nulis ini. Bisa dibilang itu masa masa labil gw, hahaha. Masih gampang banget bosen kuliah, ga ada kerjaan ( sekarang juga masih ngerasa gitu sih walaupun tugas bejibun).
Waktu itu sore hari, abis ujian tengah semester di kampus. Biasalah, hari jumat abis ujian, kampus rame banget ama muda mudi. Nah, gw ama temen temen juga seperti biasa ngumpul ngumpul. Sekedar ngobrol lah, ngebahas ujian yang udah lalu, ngebahas juga mo kemana abis malam itu.
Biasanya sih, kita langsung tancap ke spot spot biasa kita ngabisin waktu jumat malam. Kalo ga nonton, karaoke, sekedar makan, nongkrong, apapun lah. Tapi ga kayak biasanya, anak anak sebagian besar ada acara masing masing. Hmm yeah, akhirnya tinggal gw, ama 5 orang lain temen gw. Ihsan, puput, putri, maya ama nanda.
Ihsan : kemana nih kita wir?
wira : tau dah, sepi euy, pada pergi semua
Nanda ( ratu hedon sejagad nih):nonton yukk, ngapain kek
Wira:males ah, makan dulu aja deh. Sepi, ga rame kalo dikitan
Singkat cerita, akhirnya kita memutuskan untuk makan dulu. Ntar mo ngapain abis makan, bisa dipikir nanti nanti. Hahaha, emang dasar anak muda.
Kita akhirnya makan di deket Borromeus. Lumayan rame sih, sambil ngobrol panjang lebar, dan akhirnya ga kerasa uda jam 20.30. selese makan kita ngobrol dulu diluar tenda tempat makan.
Puput: sumpah deh, ini masih pagi buat kita nih, baru jam setengah 9 malem.. kemana yuk?
Maya ( yang notabene punya rumah paling jauh diantara kita): uda deh, balik aja yukk, abis ga tau mo kemana..sepi nih
Putri: eh karaoke yuk kalo ga nonton aja, yah jalan jalan deh, yang penting kita bisa bareng bareng. Naek batosae lo aja wir,kemana kek, puncak gitu. Mumpung masih pagian ini. Daripada ga kemana kemana bosen di kosan……
(pause) ( perlu diinformasikan dulu , yang namanya putri ini kalo uda ngomong susah berhentinya, …piss)
Putri: ….ayolah,ada yang setuju ga? Kemana gitu. Nongkrong doang.makan lagi juga boleh, hehehehehehe. Gimana gimana gimana? Ayo ayo ……………
(sumpah yang nulis ini juga capek banget)
Wira: hmm..ke Jakarta yok ( nada nada bercanda, paling paling juga ga ada yang mau,uda malem ini,lagian jauh…)
Diem sebentar..sambil sesekali ada suara kendaraan lewat dan jangkrik mengerik ( hah?mengerik??#%&^*)
Yang laen: ayooooo!!!!aayoooo!eh beneran lo wir, ga gila kan lo..??
Zzzz…..buset,,ngimpi apa gw. Ide gila yang sebenernya Cuma becanda dan berharap ga ada yang mau setuju ..ternyata…..
Wira: ( setengah ga percaya)…eh sumpah lo semua…ini kan…u.da…ma…le…m.ja..ka…rta..ju…ga…ga…se…de…ket…kopo.
(hmm..yah.kopo yang notabene ada di wilayah bandung juga, sesekali waktu ditempuh dengan waktu yang sama seperti ke Jakarta lho)
Nanda puput :ayolah wirr…ntar keliling keliling ajaaaa…mampir rumah gw dehhh…hehehe
Wira: (mikir..)seriusan lo semua?? Gimana lo san?
Ihsan: gimana dong, pasti gw dicariin bunda…ga boleh nihh
Maya: iya sih, gw juga,,tapi gw izin dulu dehh, ga bilang kalo ke Jakarta.bilang aja gw mo ke kosan lo semua
Singkat cerita lagi ( karena gw males nulisnya) , kita semua mutusin buat ke Jakarta jam 20.30, saat itu juga, tanpa tujuan!!dan Cuma pengen keliling keliling doang..!!! ihsan dengan alas an mo maen ke kosan gw, izin ama nyokapnya. Begitu juga maya. Gw putrid puput nanda sih anak kosan, ga ada jam malem..kekekeke.
……………( sigh) masih ga percaya gw kenapa gw bisa ngelakuin itu, bahkan sampe setaun setelah kejadian………………………



Mobil gw, batosae ijo, baleno plat R 7898 HA, kesayangan gw meluncur menuju tol pasteur. Yah jalan nyantai aja sih, orang emang ga ada niat ngapa ngapain.hahahaha
Kita sih masih asik asik ngobrol di dalem mobil waktu itu, gila gilaan, masih ga percaya ama yang kita lakuin sekarang ini. Semua masih ikut nimbrung obrolan,. Sampai akhirnya ada satu suara hilang. Lenyap..
Ihsan : (kepala goyang goyang, mempertahankan posisi).zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz……..zzz…
Krik krik krikk kriiiikkkkk…………..
Ihsan tidur sodara sodara!!!sukses memejamkan mata, dimana kita baru saja mulai perjalanan kira kira 20 menit dan kita baru saja keluar gerbang tol Pasteur . dan dia sudah tdur..gila banget nih anak…
Hahaha.tapi ya udah sih, akhirnya di tengah perjalanan itu kita ngobrolin apa aja, dan diakui apa ga., itu adalah salah satu perjalanan yang luar biasa buat gw. Gimana ga, bener bener bisa ngabisin waktu ama temen temen terbaik gw. Asik banget
Ditengah perjalanan kita smpet berhenti bentar di rest area, buat beli minum isi bensin ama istiraht ke toilet bentar. Dan begitu keluar mobil kita kaget setengah mati….
Taukah kamu!!mobil gw penuh taik burung di sekujur body nya..what the**&*^&@9%&!!
(Sekedar info, di sepanjang jalan ganeca depan kampus gw emang banyak banget taik burung, dan mobil yang salah tempat parkir bisa kena. Nah, untungnya gw salah satu yang kena feses feses aves lumbricoides itu.)
Damn! Mobil gw yang warnanya ijo sekilas uda kayak punya body Hulk si manusia ijo, tapi dengan polkadot polkadot putih hasil taik burung. Dan naasnya lagi, gw parkir di sebelah mobil BMW mulus warna item, dan tampak barusan dicuci, kilat.
Alhasil begitu kita mo masuk buat ngelanjutin perjalanan.kita nunggu sampe sepi ga ada orang yang liat..
Kita ngelanjutin jalan dengan kisah kisah seru yang laen, yah biasalah, anak muda selalu aja kita punya bahan obrolan.
23.45 kita bentar lagi nyampe Jakarta, yah, uda ada di tol dalem kota Jakarta sih….
Semua: yeahhhhhhh!!!!!!nyampe Jakarta nih..
Diem kemudian…..
Ihsan..: kita mo ngapain yah disini?
Puput: hmmm..ngapain ya
Wira:lah kita kan emang ga ada tujuan..
Maya.: ah kalian, ngapain dong..
Putri: iya nih ngapain dong karaoke yuk kalo ga nonton aja, yah jalan jalan deh, yang penting kita bisa bareng karaoke yuk kalo ga nonton aja, yah jalan jalan deh, yang penting kita bisa bareng karaoke yuk kalo ga nonton aja, yah jalan jalan deh, yang penting kita bisa bareng ( copas, gw capek nulis)
Nanda: uda..kan emang mo jalan aja.nikmatin aja, keliling keliling, ntar gw tunjukkin jalannya
Hell yeahhh!!bener banget, ini saatnya nikmati perjalanan. Serentak kita buka jendela mobil dan kita hirup udara malam kota Jakarta yang yah, nikmat sekali. Apalagi jalanan ibukota waktu itu uda sepi, hanya sesekali mobil lewat. Dan kita juga berjalan santai.
Melewati patung pancoran, melewati monas, keliling keliling, …hmmm seru banget…sepi banget. Kita jalan terus, ngikutin jalan yang ada. Sampe bingung mo kemana..
Wira : kemana nih??kita uda muter muter mulu daritadi, gw pengen istirahat nih,,lumayan capek gw..
Puput:kemana dong. Tempat kita mo isitrahat??
Sambil kita ngobrol, tiba tiba kita ngelewatin salah satu mall yang ada. Yah, FX mall jalan sudirman..
Nanda:eh eh..gimana kalo kita ke situ aja wir??nongkrong ajaaa
Wira: gimana yang laen?mau ga?gw sih oke oke aja
Semua setuju dan akhirnya kita masuk ke mall itu
Jam menunjukkan pukul 00.20, dan mall uda sepi banget, yah paling masih ada mobil mobil beberapa,.emang sih masih idup karaokean, café di dalem.tapi tetep, sepi.
Kita naek ke lantai atas. Dan beruntungnya kita nemu sofa empuk..hahahahaha.alhasil kita tiduran di sono.sempet ditegur satpam, tapi kita nyantai lagi begitu si satpam pergi.
Bosen diem doang akhirnya kita keliling keliling sambil foto foto . uda sepi juga sih, jadi kita nyantai aja
Ga kerasa, kita duduk duduk sampe sekitar jam 2an. Karena perut keroncongan, kita memutuskan cari makan. Akhirnya kita keluar dari mall dan keliling lagi nyari makanan. Karena ga ngerti mo nyari dimana akhirnya kita makan aja di Mc D, 24 jam sih..
Si ihsan yang ga bawa duit akhirnya minjem kita kita, dan anehnya, dia justru pesen makanan yang notabene lebih mahal dari yang kita pesen. Hebat banget tuh anak….hmm yah ini juga salah satu momen yang asik menurut gw, dimana kita ngobrol ngobrol dan becanda macem macem.
Kita bingung abis ini mo kemana, akhirnya kita mutusin buat balik aja ke bandung, yah, uda jam 3 ini. Berharap subuh ntar nyampe di bandung…berharap …dan berharap
Kita masuk ke mobil lagi dan siap siap balik ke kota kembang. Pas mo keluar parkiran, kita liat sekumpulan bule yang lagi nongkrong juga. Spontan gw buka jendela mobil, dang w bilang,,”haiiii…how are youuu?? (lagak sok kenal, sok asik)
Jujur, gw ga tau apa yang ada di pikiran gw waktu itu. Mungkin gw ngeliat sosok temen gw dulu Brad Pitt diantara mereka (ok, stop)
Terang aja, tindakan alay gw tadi ditanggapi riuh ama anak anak di dalem mobil..hahahahahah.ok fren. Itu tadi bukan gw.


Kita meluncur lagi masuk tol dan berharap segera pulang ke bandung dengan selamat. Gw sih ngandelin nanda ama puput yang warga Jakarta dan (katanya) apal jalan di ibukota. Gw sih percaya aja, percaya aja. Tapi kenyataan berkata lain, si nanda salah ngasih jalan masuk tols……………………………………
Gila…gw mikir bisa berabe nih.
Nanda: wir wir..sumpah deh,salah gw harusnya bukan tol ini!
Ihsan: hah seriusan lo???!!
Puput:wah.gw ga ikutan, uda nyampe sini gw juga ga ngerti …
Putri maya:gimana donggg???gimana kita??
Dan kita pun masuk tol menuju Bogor dan Puncak, bukan ke bandung yang semestinya..emang sih kita dikasih kesempatan ngeliat pintu tol menuju bandung sekali lagi, tapi yah gw mikir uda terlanjur, gimana lagi. Gw memutuskan pulang ke bandung, lewat puncak!!!!saat itu jam 03.30
Yah akhirnya kita mikir juga. Ya uda deh, sunrise di puncak ga ada salahnya.
Otomatis, karena uda pada capek, perjalanan ke puncak itu sepi banget, pada tidur semua. Cuma gw yang ga tidur. Yaiyalah, gw yang nyupir, kagak bisa tidur.hehe. waktu itu sih gw jalan pelan aja.hmm 60km/jam lah, lumayan sepi sih. Dan kita ngelewatin temapat tempat yang keren. Villa di sepanjang jalan, sekaligus juga pemandangan yang asoy di sepanjang perjalanan.
Waktu azan subuh berkumandang, kita mampir dulu di sebuah masjid di pinggir jalan. Yah, sekalian istirahat sih. Dan gw ngebangunin mereka yang mo shalat subuh. Masjid yang kita datengin itu termasuk masjid kampung. Artinya memang warga sekitar rame di masjid itu. Badan gw yang uda setengah tepar, ngantuk pol itu awalnya duduk aja nunggu shalat mulai. Tapi sesekali gw ngeliat warga yang lalu lalang buat siap siap shalat.
Sekali lagi gw ngerasain suasana kampung yang hangat, dan ramah. Disana sini gw ngeliat warga senyum tertawa. Entah apa yang mereka bahas. Tapi tetep aja gw kagum ama kehangatan yang timbul dari sebagian dari kehidupan sehari sehari itu
Udara dingin banget, iyalah, puncak gitu. Ampe air wudhu aja sedingin es kulkas. Sekalian juga ngilangin ngantuk gw. Hmm..tapi setelah melihat suasana perkampungan yang hangat itu, gw ga lagi ngerasa dingin ato gimana. Gw malah bersemangat, entah kenapa, buat hari itu, menurut gw adalah awal yang bagus.

Udah selesei shalat, kita lanjut jalan lagi. Hmm ini sih lumayan, beberapa uda bangun dan bisa gw ajak ngobrol di jalan. Yah walaupun dingin, tapi suara ‘pagi’, ayam berkokok dan azan subuh uda bikin kita kita smengat lagi.
Setelah jalan kira kira 30 menit akhinrya kita nyampe juga di daerah puncak yang sebenernya. Dan gw bisa ngeliat perkebunan perkebunan hijau yang…subhanallah. Gw suka banget. Kita berhenti kira kira jam 5 pagi di sebuah tanah lapang di pinggir jalan buat ngeliat suasana dan sunrise. Ternyata eh ternyata tanah lapang itu emang khusus dibikin untuk ngeliat pemandangan.hmmm..nice.
Kita bisa ngeliat perkebunan luas di bawah kita sekaligus perbukitan yang indah di seberang sana. Agak berkabut dan dingin sih, tapi seru banget. Kira kira 10 menit kita ada disana, ada juga rombongan semobil lain yang berhenti dan ikut kita ngeliat pemandangan. Mereka juga sibuk foto foto.
Kejadian itu pastinya bikin kita langsung bereaksi ngeluarin handphone berkamera buat, foto foto juga. Tapi sayangnya, semua hp kita waktu itu, abis baterenya…gila. “Opportunity lost”, gitu kalo komentator bola di eropa biasa ngomong saat kesempatan membuat gol gagal. Yah, kesempatan foto foto dengan pemandangan yahud ga kesampaian (sigh).
Tapi istirahat itu cukup bikin mata kita idup lagi, hehhehe. Paling ga buat temen temen yang uda tidur tadi, smentara mata gw ya, masih ngantuk ngantuk juga.
Di tempat ini juga kita ngasih kesempatan si ihsan menjajal kemampuan nyetir nya, pake mobil gw.
Ihsan: wir gw pinjem mobil dong, mo nyoba nyetir ,bisa gw..
Wira:( gw sih setengah percaya) ah gak..yakin gw lo ga bisa.jangan deh, serem gw
Akhirnya sih gw pinjemin juga, Cuma di lapangan ini doang, tapi gw tetep serem karena di samping kita tuh jurang. Dan yang bikin gw serem lagi ihsan ternyata….belum jago nyetir. Sehingga berulang kali gw deg degan…sampe akhirnya gw mengorbankan diri berdiri di depan mobil biar dia berhenti. Soalnya dia ga mau berhenti, gila aja.
Kira kira 45 menit kita istirahat, akhirnya kita jalan lagi. Setelah ngeliat sunrise tentunya. Hmm, yah…ini adalah perjalanan pulang, setelah itu kita emang ga berenti berenti lagi.


Perjalanan pulang ini sebenernya lancaar, tapi..ga buat gw. Gila aja, di sepanjang perjalanan naik turun itu, di belakang dan depan gw adalah truk berukuran raksasa yang rata rata bawa batu kali. Dan jalan yang dilalui sebagian besar rusak parah. Lubang dan hancur di sana sini. Keadaan ini biking w mo nyalip juga mikir mikir karena toh jalan naek turun, dan gw serem ada kendaraan dari jalur berlawanan. Apalagi mata gw ngantuk berat. Alhasil gw Cuma jalan kira kira 20 km/jam.hmm yahh.capek gila.
Kita sih asik asik aja, kebetulan si putrid doang yang masih bangun dan yang laen tidur lagi..hahaha.ya uda akhirnya ngobrol aja, daripada ngantuk.

Perjalanan kita akhirnya berakhir.Kita nyampe bandung dengan selamat jam 09.00 pagi itu, dan gw langsung nganterin anak anak balik, si putri di daerah kebon bibit, si nanda puput daerah cisitu baru, maya gw anter Cuma ampe jalur angkot (haha.sorry may, gw ngantuk banget) dan ihsan gw anter ampe jalur angkot juga.
Keadaan uda capek dan ngantuk, akhirnya tetep sampe juga.hmm..what a nice trip.ini pengalaman paling gw suka dan berkesan buat gw. Pas nyampe bandung gw mikir, hmm mungkin kalo kemaren malem ga makan ama mereka gw ga bakal ampe puncak tuh.hahaha.dan gw dapet beberap pelajaran dari perjalanan gw ini. Ibukota di waktu tengah malam, suasana kampung yang hangat, kehidupan di sepanjang perjalanan, dan tentu saja, kehebohan bersama teman teman terbaik. Dan satu lagi, gw makin kagum ama kendaraan gw, hahaha, si batosae ijo, gila tangguh banget.
Thanks dah buat ihsan puput nanda maya putri atas perjalanan yang mengagumkan dan seru itu..hehehe


(selese itu gw masih nyempetin nyuci mobil gw yang penuh kotoran burung itu, dan gw ketiduran dengan enaknya di tempat cuci mobil karena ngantuk seberat beratnya. Dan setelah nyampe kos pun gw langsung tidur selama 5 jam penuh)

2 komentar:

  1. yeah yeah yeah!! selamat selamat!!1 :D:D:D

    akhirnya happy ending juga yaa, hahaha

    hmmm, jadi pengen tau, emang suasana ibukota tengah malam kayagimana ardii? :P

    BalasHapus
  2. suasananya nyaman, sepi, tapi masih menunjukkan wujud metropolisnya. aku suka

    BalasHapus